8 Jenis Cryptocurrency yang Prospek untuk Trading

Fia
Fia

Daftar Isi

Mata uang cryptocurrency terdiri dari berbagai jenis yang banyak diminati oleh trader baik dalam jangka pendek maupun panjang untuk menghasilkan profit besar. Berikut ini adalah daftar lengkap beberapa jenis cryptocurrency yang prospek untuk menjadi aset trading.

Ethereum (ETH)

Ethereum atau ETH adalah salah satu jenis cryptocurrency yang memungkinkan Anda melakukan transaksi tanpa harus melibatkan pihak ketiga sebagai perantara. ETH adalah mata uang digital yang dimanfaatkan untuk transaksi di blockchain Ethereum itu sendiri.

Pada umumnya, blockchain Ethereum ini digunakan untuk menciptakan decentralized applications karena bisa menuliskan lebih banyak program. Cryptocurrency ini memiliki fungsi gas fee yang nantinya harus dibayarkan apabila suatu aplikasi dibangun dengan Ethereum.

Hal tersebut menjadikan jenis cryptocurrency yang satu ini mempunyai market value tinggi dan prospek untuk ditradingkan. Cara mendapatkan Ethereum bisa dengan membelinya melalui aplikasi pertukaran crypto secara resmi.

Cardano (ADA)

Cryptocurrency Cardano berbentuk platform berteknologi smart contract dengan keamanan sebagai fokusnya. Sistem keamanan yang digunakan oleh cardano ini adalah kerangka desain berlapis. Cardano diciptakan dengan bahasa pemrograman yang minim kesalahan, yaitu Haskell.

Project dari cryptocurrency yang satu ini cukup berbeda karena tidak bertujuan untuk mengambil alih sistem finansial secara keseluruhan. Cardano lebih mengutamakan untuk membawa teknologi blockchain ke daerah berkembang yang masih sulit diakses.

Baca juga: Cara Trading Saham Harian

Cara kerja Cardano adalah menggunakan sistem konsensus dalam bentuk kerangka desain teknisnya. Sistem konsensus ini untuk membentuk jaringan dengan proses otomatis dimana semua pemilik Cardano memiliki kesempatan menjadi slot leader.

Ripple (XRP)

Jenis cryptocurrency berikutnya yang memiliki prospek tinggi untu trading adalah Ripple atau dilambangkan dengan XRP. Ripple diciptakan dengan tujuan secara desentralisasi yang digunakan untuk pembayaran, pertukaran, dan pelunasan untuk bank secara real time.

Ripple sendiri diciptakan untuk pembayaran yang transparan, aman, dan murah jika dibandingkan dengan sistem transfer konvensional. Cryptocurrency yang satu ini memiliki sifat paling likuid jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

XRP atau Ripple adalah salah satu jenis cryptocurrency yang memiliki banyak peminat, sehingga harganya juga akan meningkat. Anda bisa menggunakan ripple untuk trading,terutama dalam jangka pendek.

Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah jenis cryptocurrency yang paling terkenal dan sudah banyak diketahui oleh trader. Jenis cryptocurrency yang satu ini berupa mata uang digital untuk bertransaksi di internet tanpa menggunakan perantara. Cara kerja Bitcoin sendirimenggunakan sistem Peer to Peer atau P2P.

Cryptocurrency ini banyak disebut juga sebagai mata uang di masa depan yang bisa ditukarkan dengan valuta asing. Anda bisa membeli Bitcoin secara virtual kemudian menyimpannya ke dalam e-wallet khusus mata uang cryptocurrency tersebut.

Keuntungan trading Bitcoin bisa didapatkan apabila Anda mampu menjualnya dengan harga yang tinggi. Anda bisa melakukannya secara otomatis melalui e-wallet yang juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan mata uang ini dengan sistem keamanan mumpuni.

Binance Coin (BNB)

BNB atau Binance Coin adalah salah satu platform exchange cryptocurrency terbesar yang cocok dijadikan sebagai aset trading. Pada mulanya, Binance Coin ini dikeluarkan dalam jumlah yang terbatas dan mengalami peningkatan harga cukup tinggi hingga saat ini.

Kelebihan Binance Coin dibandingkan cryptocurrency lainnya adalah mempunyai banyak kantor cabang di berbagai negara. BNB adalah cryptocurrency yang berpotensi untuk mengalami perkembangan dan prospek untuk trading karena menyediakan banyak layanan.

Pada awalnya, BNB digunakan sebagai token utilitas dan alat tukar. Seiring meningkatnya nilainya, mata uang cryptocurrencytersebut dijadikan sebagai aset trading. Binance Coin sendiri menggunakan mekanisme konsensus dengan BFT tendermint.

Dogecoin (Doge)

Mata uang cryptocurrency selanjutnya yang memiliki prospek trading tinggi adalah Dogecoin. Jenis cryptocurrency tersebut berupa mata uang digital yang diciptakan pada akhir 2013. Pada mulanya, Dogecoin diciptakan dengan sebatas candaan saja, namun ternyata saat ini mempunyai nilai yang tinggi.

Kelebihan dari Dogecoin sendiri adalah jumlah produksinya tidak terbatas, sehingga Anda masih berkesempatan untuk memilikinya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dengan pergerakan nilai apabila ingin trading dengan cryptocurrency tersebut.

Cara kerja dari dogecoin adalah menggunakan teknologi blockchain berupa buku besar digital untuk mencatat seluruh transaksi pengguna yang berkaitan dengan crypto tersebut. Pemilik Dogecoin akan mendapatkan salinan dari blockchain tersebut untuk mengetahui transaksinya.

Uniswap (UNI)

Uniswap adalah exchange terdesentralisasi yang dirancang untuk perdagangan token tanpa dikenakan biaya platform sebagai perantara. Jenis cryptocurrency yang satu ini cukup unik karena penjual dan pembeli bisa menentukan harganya sendiri dan melakukan trading.

Jenis cryptocurrency yang satu ini memiliki sifat open source, yaitu memungkinkan siapapun pemiliknya untuk menyalin kode dengan tujuan membuat decentralized exchange. Hal ini memungkinkan pemilik untuk mengendalikan dananya kapan saja.

Mata uang cryptocurrency tersebut bekerja dengan cara automated liquidity protocol dimana penjual bisa mengeksekusi transaksi secara instan. Setiap pengguna yang melakukan transaksi melalui platform Uniswap akan dikenakan biaya sebesar 0,30 persen.

Tron (TRX)

Satu lagi jenis cryptocurrency yang prospek untuk trading adalah Tron, yaitu berupa platform dengan teknologi blockchain. Tron ini tercipta dengan tujuan untuk membangun hiburan dalam bentuk konten digital yang bisa diakses oleh siapa saja.

Cara kerja Tron adalah sebagai platform yang berguna untuk memberikan dukungan untuk pembuat konten digital. Setiap transaksi di Tron menggunakan sistem keamanan khusus dan tetap bisa dijangkau oleh para penggunanya.

Seiring dengan naiknya popularitas mata uang crypto, harga Tron pun diperkirakan akan terus melambung. Apalagi mata uang cryptocurrency tersebut sempat dirumorkan akan menjalin kerjasama dengan perusahaan digital besar.

EkonomiCryptocurrencyTradingEthereumCardanoRippleBitcoinBinance CoinDogecoinUniswapTron

Fia

The truth will set you free.