Mudah! Begini Cara Trading Saham Harian yang Tepat

Fia
Fia

Daftar Isi

Trading saham merupakan kegiatan memperdagangkan saham dalam jangka waktu pendek atau hitungan hari. Ada beberapa strategi atau cara yang dapat dilakukan seorang trader saat memantau pergerakan saham harian ini. Berikut ulasan lengkap mengenai cara trading saham harian yang mudah diterapkan.

Kenali Potensi serta Pengetahuan Anda

Sebelum memutuskan untuk melakukan trading, maka sebaiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk digunakan sebagai modal dalam kegiatan ini. Pengetahuan serta kemampuan yang cukup memadai, akan membantu mengarahkan trader mendapatkan peluang yang lebih luas dengan profit lebih besar.

Baca juga: Jenis Investasi yang Menguntungkan di Tahun 2022

Langkah awal untuk menambah wawasan dan pengetahuan ini bisa dengan mempelajari segala istilah penting dalam trading. Kemudian, pahami mengenai cara kerja dari masing-masing fitur pada trading serta strategi jitu yang dapat dilakukan untuk dapat memaksimalkan peluang.

Menentukan Rencana Anggaran Trading Saham yang Tepat

Salah satu cara yang dapat dilakukan pertama kali dalam trading saham yaitu menentukan anggaran. Dengan menentukan anggaran saham yang tepat dan teratur, maka Anda akan lebih mudah melakukan perhitungan keuntungan. Selain itu, pengelolaan dana saham juga dapat berjalan dengan baik.

Jika Anda menggunakan 10% portofolio pada saham individu, maka bisa mempengaruhi tabungan menjadi tidak sehat. Oleh sebab itu, sebaiknya cukup gunakan investasi uang dalam batas yang wajar, sehingga saat terjadi kehilangan tidak mempengaruhi kondisi psikologis.

Cara trading saham harian yang perlu diterapkan juga yakni dengan menggunakan dana untuk pengeluaran dalam jangka waktu pendek. Dana tersebut misalnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, uang sekolah, pembayaran cicilan kontrakan, dan keperluan lainnya.

Saat bermain saham, sebaiknya pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan dana darurat yang sifatnya sehat. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa untuk sisihkan tabungan pensiun yang aman. Hal tersebut sangat penting untuk diterapkan, apalagi bagi para trader yang berani memasukkan modal dalam jumlah besar.

Baca juga: Tips Pengelolaan Keuangan Pribadi yang Tepat

Mulai Trading dengan Menggunakan Nominal Kecil

Dalam usaha untuk memperkecil risiko saat trading saham, sebaiknya jangan menggunakan keseluruhan dana saat melakukan satu kali transaksi. Tanamlah modal dengan jumlah dana seminimal mungkin saat Anda masih awal dalam dunia trading.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengamati pergerakan nilai saham. Selain itu, kondisi demikian dapat mengukur besarnya peluang yang akan diperoleh agar kerugian yang mungkin diterima dapat diminimalisir dengan baik.

Pilihlah Perusahaan dengan Sekuritas yang Tepat dan Terpercaya

Cara trading saham harianyang juga penting dipahami yakni memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang sudah resmi mendapatkan izin secara langsung dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam berdagang saham atau obligasi.

Amati dan pahami dengan baik tentang perusahaan sekuritas akan Anda jadikan rujukan tersebut. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa perusahaan sekuritas tersebut telah memiliki track record yang baik dalam dunia perdagangan efek. Menerapkan hal ini akan meningkatkan keamanan Anda dalam trading.

Hindari Trading yang Bergerak Fluktuatif

Dalam trading, sebaiknya hindari saham yang memiliki pergerakan dinamis. Mengapa demikian? Karena pergerakan saham yang terlalu cepat dapat memicu terjadinya lonjakan harga saham naik turun. Kondisi tersebut dapat berimbas dalam peningkatan risiko kerugian trading Anda nantinya.

Bagi Anda para trader pemula, ada baiknya untuk memilih jenis saham yang memiliki pergerakan stabil, sehingga tidak membingungkan. Anda pun akan lebih mudah memahami pergerakannya dengan baik. Jika pergerakan saham terlalu cepat, Anda akan kesulitan menganalisanya dan rentan mengalami kegagalan.

Lakukan Cut Loss serta Keuntungan yang Bersifat Realistis

Salah satu cara trading saham harian untuk dapat meminimalisir terjadinya kerugian saat harga saham menurun yaitu dengan melakukan cut loss. Sebaiknya, lakukan cut loss saat sedang berada dalam kondisi yang menguntungkan.

Maksud dari pernyataan tersebut adalah, perolehan harga saham yang akan diterima oleh trader harus sudah ditambahkan dengan keuntungan yang akan diperoleh. Keuntungan yang akan didapatkan setidaknya sebesar 10% sampai 20%.

Menggunakan Strategi Jitu untuk Mendapatkan Profit Secara Optimal

Menerapkan Strategi Scalping

Strategi yang bisa diterapkan dalam cara trading saham harian yang pertama adalah strategi scalping. Scalping merupakan strategi trading yang sifatnya jangka pendek dengan rentang waktu harian hingga mingguan. Strategi ini dilakukan dengan membeli saham dan kemudian menjualnya kembali.

Penjualan saham sebaiknya dilakukan dalam waktu sesegera mungkin, agar dapat memperoleh profit dengan jumlah yang maksimal. Proses tersebut pun sebenarnya bisa terealisasikan dengan cepat, sehingga akan meminimalisir kerugian.

Menggunakan Strategi Swing Trader

Strategi Swing Trader adalah strategi yang biasa digunakan ketika para trader berada tepat di posisi sideways. Pernyataan tersebut artinya transaksi jual beli saham dilakukan saat titik tertentu dalam pembalikan harga, agar trader bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Menerapkan Strategi Rally

Strategi Rally adalah jenis strategi trading yang menggunakan konsep sell high dan buy low. Konsep tersebut dapat digunakan saat emiten berhasil mengeluarkan diskon dengan cepat pada jenis saham yang pernah dibeli oleh trader sebagai modal.

Memahami Tentang Ketimpangan Jual Beli

Trading memang identik dengan kegiatan jual beli, akan tetapi ada baiknya saat pelaksanaannya menggunakan strategi pemilihan waktu yang tepat. Salah satu contohnya, misalnya dilakukan menjelang jam istirahat kantor, karena pada waktu tersebut ketimpangan harga yang tinggi sering terjadi.

Pada waktu yang tepat, harga pembelian juga biasanya akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual. Hal tersebut bisa menjadi peluang bagi para trader karena kemungkinan banyak harga saham yang mulai meningkat drastis penjualannya.

EkonomiTradingSaham

Fia

The truth will set you free.