Foto oleh Killian Pham / Unsplash

10 Inspirasi Destinasi Wisata untuk Liburan

Qana
Qana

Daftar Isi

Berbicara tentang pariwisata di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Banyak wisata Indonesia yang terkenal di luar negeri. Tempat-tempat wisata ini merupakan asli Indonesia yang sangat menarik dan wajib diketahui oleh warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

Sudah berapa banyak tempat yang Anda kunjungi di Indonesia? Apakah Anda lebih suka pergi berlibur ke luar negeri sendirian? Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia seperti hamparan keindahan dan pesona. Dari kekayaan alam bawah laut hingga pegunungan, Indonesia juaranya.

Apakah Anda suka berjalan-jalan di pantai? Indonesia memiliki banyak bentangan pantai yang tidak akan pernah Anda habiskan untuk dijelajahi. Apakah Anda suka gunung? Indonesia memiliki daftar gunung yang siap untuk dijelajahi dan didaki.

Tidak hanya kekayaan alam yang kaya, budaya di Indonesia juga sangat beragam. Setiap daerah memiliki keunikan budaya daerah yang membuat negara ini sangat beragam.

Berikut rangkuman 10 tempat wisata di Indonesia yang wajib diketahui, dan jika perlu Anda kunjungi juga!

Pulau Komodo

Pulau Komodo dengan pantai berwarna pink ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama dengan pulau-pulau lain di sekitar kepulauan Nusa Tenggara. Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan tempat wisata di Indonesia ini sebagai salah satu tempat warisan dunia.

Pulau ini dipercaya sebagai rumah bagi komodo dan membutuhkan perlindungan. Salah satu penghargaan tertinggi yang diraihnya adalah berhasil masuk dalam jajaran Tujuh Keajaiban Alam di Dunia yang lebih dikenal dengan “New Seven Wonders of Nature 2011”.

Lokasi wisata bawah lautnya luar biasa, ada banyak tempat yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari trekking, diving, hingga snorkeling. Untuk trekking, Anda bisa menjelajah ke pulau-pulau bersama dengan ranger atau pemandu. Komodo dapat dilihat pada saat mencari makan atau beristirahat.

Trio Gili

Trio Gili adalah hamparan tiga pulau yang menarik dan indah di Lombok. Ketiga pulau tersebut antara lain Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiganya tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tetapi juga dikunjungi oleh wisatawan asing.

Dari ketiga pulau tersebut, Gili Trawangan mungkin yang paling terkenal dan diminati untuk dikunjungi. Tidak hanya lebih besar dari dua pulau lainnya, ada juga banyak tempat di antaranya, seperti kafe dan toko manisan. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini, mulai dari berjemur, menyelam, hingga snorkeling. Lebih baik lagi, Anda dapat menyewa sepeda atau menaiki Cidomo, seperti kereta kuda untuk berkeliling pulau.

Meskipun Gili Trawangan memiliki lebih banyak pengunjung, Gili Meno dan Gili Air tidak kalah ramai, kedua pulau memiliki banyak pantai yang indah dan dunia bawah laut yang menunggu untuk Anda jelajahi.

Raja Ampat

Raja Ampat telah menjadi idola bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Daya tarik lokasi wisata di Indonesia mulai banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Raja Ampat adalah gugusan pulau yang terletak di ujung Papua atau Irian Jaya. Ada empat pulau besar di sini, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi. Tempat wisata ini dikenal sebagai salah satu tempat diving dan snorkeling terbaik di dunia. The Nature Conservancy mengatakan bahwa sekitar 75% biota laut dapat ditemukan di kepulauan Raja Ampat. Bulan Oktober hingga November adalah waktu yang tepat untuk menyelam di kawasan Raja Ampat.

Tidak hanya menyelam, Anda juga dapat berpetualang di sekitar pulau Raja Ampat. Penduduk setempat akan dengan senang hati menjadi pemandu Anda. Sembari trekking, Anda juga bisa singgah ke rumah-rumah penduduk dan berkorelasi secara langsung, serta membeli kerajinan tangan buatan warga setempat sebagai oleh-oleh.

Danau Sentani

Danau Sentani dikenal sebagai danau terbesar di Papua. Danau ini memiliki luas 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter dari dasar laut. Tempat wisata di Indonesia ini dihiasi dengan 21 pulau di sekitarnya yang merupakan pemukiman penduduk.

Ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan di sini, seperti memancing, berenang dengan perahu sewaan di danau. Anda juga dapat berjalan-jalan di area penduduk setempat untuk menikmati makanan khas yang dibuat oleh mereka.

Jika Anda berkunjung pada bulan Juni, semua orang dapat menikmati "Festival Danau Sentani". Festival ini merupakan acara tahunan yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya Papua. Tak hanya itu, di sini Anda juga dapat menikmati berbagai makanan khas Papua.

Bali

Siapa yang tidak mengenal Bali? Bali sebagai Pulau Dewata memang terkenal sampai ke ujung dunia. Dibandingkan Indonesia, Bali lebih terkenal karena tempat wisatanya. Hampir semua tempat di Bali merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan Indonesia maupun mancanegara. Karena hampir seluruh wilayah Bali merupakan destinasi wisata yang luar biasa.

Bali diberkahi dengan pemandangan alam yang indah dan asri, mulai dari pantainya yang luas, iklim pegunungannya, hingga aktivitas sakralnya yang masih terpelihara dengan baik hingga saat ini.

Di Bali, kebudayaan nenek moyang kuno dilestarikan hingga saat ini. Adat juga masih kuat dan hadir di masyarakat hampir setiap hari. Dengan banyaknya acara adat yang berlangsung di Bali, wisatawan Indonesia maupun mancanegara merasa betah untuk tinggal dan menetap di Bali.

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken menjadi salah satu destinasi wisata keindahan Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai kekayaan keajaiban dunia, tepatnya pada tahun 2005. Keadaan ini disebabkan kekayaan dan keindahan biota lautnya yang luar biasa mulai dari mulai dari terumbu karang, alga, hingga keanekaragaman jenis ikan unik ada disini.

Tempat wisata ini memiliki lebih dari 30 titik penyelaman yang menjadi idola para penyelam nasional maupun asing. Tidak hanya menyelam dan bertemu langsung dengan ikan di sini, Anda juga dapat menyelam menggunakan kapal selam yang telah disediakan untuk Anda. Kapal selam yang disediakan memiliki dinding kaca tembus pandang sehingga Anda dapat melihat langsung ke luar dan melihat ikan atau terumbu karang di bawah laut tanpa terkena air laut.

Puncak Jayawijaya

Puncak Gunung Jayawijaya merupakan tempat wisata di Indonesia yang memiliki hamparan es. Puncak Jayawijaya, juga dikenal sebagai Puncak Carstensz, adalah salah satu puncak gunung tertinggi di Indonesia dan memiliki salju.

Puncak ini menjulang sekitar 5.000 meter di atas dasar laut. Yang lebih menggembirakan lagi, Gunung Jayawijaya masuk dalam daftar Tujuh Puncak atau Tujuh Gunung Tertinggi di Dunia.

Puncak Jayawijaya pertama kali ditaklukkan oleh seorang pengembara dari Belanda bernama Hendrik Albert Lorentz pada tahun 1909. Lorentz berhasil mendaki puncak bersalju ini bersama enam orang Dayak Kenyah yang ia rekrut dari Kalimantan.

Setelah sukses dengan pendakian ini, banyak pendaki yang mulai ingin mengikuti jejak Lorentz untuk menaklukkan puncak Jayawijaya. Apakah Anda pendaki berikutnya yang menaklukkan Puncak Carstensz?

Tana Toraja

Salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling menakjubkan adalah Tana Toraja. Tana Toraja memiliki pemandangan alam yang luar biasa mulai dari pegunungan dan perbukitan.

Tidak hanya kekayaan alamnya, tempat wisata Indonesia ini juga menyimpan banyak sekali adat-istiadat kuno yang masih dilestarikan hingga saat ini, salah satunya yang masih berlaku hingga saat ini adalah “Rambu Solo”.

Rambu Solo adalah upacara pemakaman di Tana Toraja. Apa yang menarik dari pemakaman? Anda tidak boleh melewatkan upacara pemakaman tradisional Tana Toraja ini.

Rambu Solo adalah upacara pemakaman termahal di Indonesia. Acara ini berlangsung berhari-hari dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Salah satu ritual yang dilakukan adalah menyembelih kerbau.

Tidak hanya 1 ekor kerbau saja yang disembelih, jika kasta orang yang dikubur lebih tinggi maka jumlah kerbau yang disembelih akan lebih banyak. Bayangkan saja 1 ekor kerbau harganya kurang lebih 10 juta, kalau menyembelih 10 ekor kerbau total harganya adalah 100 juta. Itu sangat mahal hanya untuk pemakaman.

Banyak orang Tana Toraja percaya bahwa sampai mereka dikuburkan, orang yang meninggal adalah orang yang sakit. Tubuhnya sengaja disuntik formalin agar tidak membusuk ketika menunggu keluarga melaksanakan Rambu Solo.

Orang yang meninggal hanya dianggap sedang dalam keadaan sakit. Sehingga keluarga akan memperlakukannya seperti orang hidup, berbicara dengannya dan mengganti pakaiannya. Jika ia telah menjalani Rambu Solo, maka pihak keluarga meyakini bahwa orang tersebut telah meninggal.

Candi Borobudur

Tempat wisata paling luar biasa di Indonesia adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan kompleks candi Budha terbesar di dunia. Tempat wisata Indonesia ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu “Keajaiban Dunia” pada tahun 1991. Candi Borobudur pernah tertimbun abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, hingga ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Tempat wisata Indonesia ini diperkirakan dibangun pada tahun 824. Bangunannya terbuat dari batuan vulkanik dan membentuk rangkaian 504 arca Buddha, 72 stupa, dan stupa raksasa tepat di atas candi.

Mitosnya adalah jika Anda memasukkan tangan ke dalam lubang yang terdapat di stupa dan menabrak patung di dalamnya, keinginan Anda akan terkabul. Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh, mulai dari yang dibuat oleh warga sekitar Candi Borobudur.

Dalam keramaian Waisak, Candi Borobudur menjadi tempat berkumpulnya umat Buddha dari berbagai penjuru Indonesia bahkan luar negeri seperti Tibet dan Thailand. Ritual ini merupakan salah satu wisata paling populer di Indonesia oleh wisatawan dari Indonesia maupun mancanegara.

Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata Indonesia selanjutnya yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini Indonesia Indah atau sering dikenal dengan TMII merupakan miniatur Indonesia sebagai perwakilan dari daerah-daerah di Indonesia.

Taman ini telah menjadi idola pariwisata Indonesia dan wajib dikunjungi oleh siswa SD, SMP atau SMA agar mereka bisa lebih mengenal pariwisata Indonesia.

Hampir semua rumah adat di Indonesia dibangun di TMII. Selain budaya, juga banyak tempat-tempat modern yang bagus untuk pemahaman anak sekolah, misalnya ada museum teknologi, museum flora & fauna, gedung film tiga dimensi, dan lainnya.

Jika Anda melihatnya dari atas, Anda akan melihat miniatur Indonesia yang sebenarnya terdiri dari gugusan pulau dan laut Indonesia. Taman ini layak disebut sebagai tempat pariwisata Indonesia yang mewakili seluruh pariwisata Indonesia.

Ref: Asli Indonesia

Gaya HidupTripIndonesiaUNESCOPapuaBaliLombokWisataKomodo

Qana

No one can make you feel inferior without your consent.