Ilustrasi Mudik Lebaran 2022

8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Lebaran

Qana
Qana

Daftar Isi

Setelah sempat dilarang selama dua tahun karena pandemi COVID-19, akhirnya pemerintah mengizinkan perjalanan mudik untuk hari raya Idulfitri tahun 2022. Oleh karena itu, mobil harus siap supaya nyaman saat digunakan dalam perjalanan pulang kampung.

Sebelum mudik lebaran 2022, pemilik mobil wajib mengecek beberapa komponen penting pada kendaraan. Persiapan ini mutlak diperlukan agar mobil tidak mengalami kendala dalam perjalanan.

Mudik Lebaran 2022

Menurut laporan di laman Auto2000, berikut bagian dan suku cadang mobil yang wajib Anda cek saat sebelum mudik lebaran:

Ban Mobil

Ban mobil seringkali dilupakan, padahal tugas yang dilakukan oleh ban mobil sangat penting. Ditambah lagi, mobil itu pasti penuh dengan penumpang dan barang bawaan dalam perjalanan mudik. Karena itu, periksa dulu tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan.

Baca juga: Cara Mencari SPBU melalui Gadget

Sekaligus melakukan pemeriksaan ringan terhadap kondisi fisik ban mobil, seperti kondisi tapak ban, apakah terlihat kempes atau tidak rata. Jika ada ban yang aus maka ban perlu diganti atau spooring, dan kondisi pelek diperiksa. Jangan lupa juga bahwa ban serep atau cadangan juga harus diperiksa.

Meski cukup sulit untuk dicek, cobalah untuk tetap mengecek kondisi kaki-kaki mobil, seperti shock absorber, pegas, swing arm atau lengan ayun, dan komponen penggerak roda. Hati-hati terhadap karet yang sobek, pelumas yang meleleh, atau yang terasa kendur saat digerakkan dengan tangan.

Oli Mesin

Peran oli pelumas juga tidak kalah penting karena melindungi mesin dari gesekan antar komponen, karena memungkinkan mesin bekerja secara optimal dan dengan ketahanan yang cukup terhadap kerusakan. Oli mesin mobil juga membantu melepaskan kotoran dan melepaskan panas mesin yang terbentuk akibat gesekan antar komponen mesin.

Mobil harus menempuh jarak yang jauh untuk sampai ke kampung halaman. Oleh karena itu, periksalah dengan pengukur ketinggian oli mesin (disebut juga dipstick) untuk memastikan volume oli mesin mobil sesuai dengan takarannya.

Minyak Rem

Pemilik mobil harus memperhatikan ketinggian pipa atau tabung penyimpanan minyak rem mobil sebelum menggunakan mobil untuk perjalanan mudik.

Jika berkurang, tambahkan sekarang. Berkurangnya minyak rem menandakan ketebalan kampas rem mulai menipis, perhatikan agar sistem rem tidak bocor.

Air Radiator

Air radiator mobil memiliki tugas mulia yaitu berfungsi sebagai pendingin mesin mobil agar dapat bekerja dengan baik. Risikonya jika radiator kehabisan air, mesin mobil bisa rusak karena panas mesin yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk terlebih dahulu memerika kondisi air radiator.

Freon AC

Jangan pernah meremehkan tugas AC mobil saat mudik menuju kampung halaman untuk liburan bersama keluarga. Dimungkinkan untuk mengintip melalui sight glass di kabin. Nyalakan mesin dan AC mobil. Terlihat jelas atau being saat idle, akan ada beberapa gelembung udara saat digas. Jika ada gelembung saat idle, berarti freon berkurang.

Cairan Mobil Lainnya

Praktis setiap cairan di dalam mobil pasti memegang peranan penting untuk memastikan semua bagian mekanik bekerja secara optimal. Seperti cairan power steering dilengkapi dengan tabung yang dapat diisi ulang saat takarannya berkurang. Hati-hati terhadap kebocoran karena ada risiko percikan cairan atau oli ke knalpot tempat pompa power steering berada.

Walaupun beberapa mobil sudah menggunakan aki kering, banyak juga yang masih menggunakan aki basah. Silakan periksa ketinggian aki dan tambahkan aki jika berkurang. Bersihkan juga terminal aki dan permukaan tutup pengisi untuk mencegah pengapuran.

Air pembersih kaca atau air wiper terlihat sepertinya tidak sepenting cairan lainnya. Tapi jangan pernah menganggapnya remeh. Misal saja saat hujan tidak terlalu deras tetapi kacanya kotor, karena wiper kehabisan air maka kaca tidak bisa dibersihkan. Ada juga risiko tergoresnya kaca depan karena gesekan dari karet wiper.

ATF atau oli transmisi tidak hanya melumasi, tetapi juga merupakan bagian dari sistem yang menggerakkan gearbox dan dapat berdampak besar jika terjadi kesalahan. Anda mungkin saja lupa memeriksa kondisinya karena proses penggantian membutuhkan waktu lama. Bawa mesin ke suhu kerja, matikan, dan periksa volume dengan dipstick.

Perlengkapan Darurat

Perlengkapan darurat pertama yang wajib adalah dongkrak dan alat pembuka ban mobil. Selain alat bawaan mobil Anda, perlengkapan darurat lainnya yang harus Anda miliki adalah senter, jumper aki, dan kabel sling untuk derek gendong. Sediakan juga cairan cadangan, seperti minyak rem, untuk perjalanan pulang Anda saat perjalanan mudik Idulfitri 2022.

Area Kokpit

Area inspeksi terpenting di area kokpit adalah di sekitar dashboard. Putar kunci kontak ke posisi ON dan lihat apakah ada lampu indikator yang menyala.

Nyalakan mesin mobil dan gerakkan setir ke kiri dan ke kanan. Juga operasikan tuas dan tombol di area kemudi dan pedal di bawah mobil. Kontrol lain seperti AC, audio, tuas persneling, dan tuas rem parkir juga bisa dioperasikan. Sebelum mudik, perhatikan jika Anda merasa ada yang berbeda.

TeknoOtomotifMudikLebaranIdulfitriMobilTips & Trik

Qana

No one can make You feel inferior without Your consent.