Manfaat Sayuran dan Buah Berdasarkan Warnanya

Qana
Qana

Daftar Isi

Salah satu cara untuk memenuhi asupan serat dan vitamin adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan imunitas, melancarkan buang air besar dan menbuat tubuh lebih bugar.

Sayur dan buah-buahan memiliki pigmen warna yang bervariasi, seperti warna merah, hijau, kuning, ungu, dan jingga. Meskipun ada beberapa sayur dan buah yang memiliki bentuk serupa, ternyata nutrisi yang terkandung berbeda setiap warnanya.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut macam-macam warna sayur dan buah dan manfaatnya.

Jingga

Sayur dan buah yang berwarna jingga memiliki kandungan betakaroten yang tinggi. Betakaroten adalah antioksidan yang menghasilkan warna merah-jingga pada sayur dan buah-buahan. Tubuh manusia mengekstrak beta karoten menjadi vitamin A yang berguna menambah imunitas, meningkatkan fungsi mata dan terhindar dari penyakit.

Contoh sayur dan buah-buahan yang berwarna jingga adalah melon jingga, pepaya, jeruk, labu kuning, wortel, dan ubi jalar.

Kuning

Sayur dan buah yang berwarna kuning mengandung kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung dan kepadatan tulang.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kalium bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner. Selain itu, sayuran dan buah berwarna kuning mengandung tinggi vitamin C yang dapat mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap kencang.

Contoh sayuran dan buah berwarna kuning adalah paprika, jagung muda, belimbing, pisang, nanas, lemon, dan aprikot.

Hijau

Washed spinach

Buah berwarna hijau mudah ditemui dalam sehari-hari, misalnya alpukat, melon, anggur hijau, dan kiwi.  Warna hijau pada buah-buahan ini mengandung asam alegat yang berfungsi mencegah sel kanker dan menormalkan tekanan darah.

Begitupun juga sayuran yang didominasi oleh warna hijau seperti bayam, caisim, daun singkong, kangkung, kale, dan pokcoy.

Sayuran hijau memiliki vitamin C dan B kompleks yang tinggi, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor yang baik untuk kepadatan tulang dan sendi.

Ungu

Three red onions on a wood table

Sayur dan buah berwarna ungu seperti bluberi, anggur ungu, beri hitam, plum, terong, dan bit sangat cocok untuk kamu yang diet karena rendah kalori dan tinggi vitamin C.

Warna ungu pada buah dan sayur berasal dari pigmen antosianin. Antosianin mengandung tinggi antioksidan yang dapat mencegah kanker serta meningkatkan sistem vaskular yang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Merah

Ada banyak buah-buahan berwarna merah, seperti semangka, stroberi, tomat, ceri, apel, dan delima. Begitu juga sayuran berwarna merah, seperti kol merah, bit, dan bayam merah.

Pigmen merah pada buah-buahan berasal dari zat antosianin dan likopen. Antosianin dapat mencegah kanker dan infeksi pada tubuh. Sedangkan likopen dapat meningkatkan daya ingat kesehatan mental serta mencegah penyakit pikun, seperti demensia dan alzemier.

Sedangkan warna merah pada sayuran berasal dari zat flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker.

Putih

aspargus vegetable on a market stand of a fruit market

Buah-buahan berwarna putih memiliki kandungan serat dan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan serat pada buah-buahan putih dapat melancarkan BAB dan mencegah konstipasi serta kanker usus. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kulit tetap sehat serta mempercepat penyembuhan luka.

Contoh buah berwarna putih antara lain sirsak, duku, kelengkeng, dan leci.

Sedangkan sayuran berwarna putih antara lain taoge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung, dan jamur yang mengandung vitamin, zat antikanker allicin dan kalium.

Itu tadi macam warna sayuran dan buah-buahan serta manfaatnya. Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi minimal tiga macam warna buah dan sayur dengan porsi sesuai berat badan dan umur agar mendapat hasil maksimal.

Ref: Popbela

Gaya HidupMakanan

Qana

No one can make you feel inferior without your consent.