Fakta Menarik Jakarta International Stadium

Qana
Qana

Daftar Isi

Jakarta International Stadium atau JIS digadang-gadang akan menjadi stadion terbesar di Indonesia. Sekaligus menjadi yang pertama stadion berstandar FIFA.

Dibangun di utara Jakarta, di atas lahan seluas 221.000 m² dengan anggaran Rp4.008.000.000.000,00 (4,08 triliun) yang diperkirakan akan selesai 2021 ini.

Proyek pembangunan JIS digarap oleh konsorsium WIKA gedung, PT Jaya Konstruksi Tbk, serta PT PP (Persero) Tbk dengan skema SKO (Sistem Kerja Operasi).

Berikut rangkuman informasi dari berbagai sumber mengenai fakta menarik dari JIS!

Stadion Standar FIFA dengan Fasilitas Modern

Stadion yang dapat menampung hingga 82.000 penonton ini, dilengkapi dengan atap yang dapat dibuka-tutup secara otomatis. Selain itu, terdapat Sky Viewing Deck setinggi 70 meter.

JIS akan memiliki tribun tiga tingkat, yaitu lower tribun, middle tribun dan upper tribun. Stadion yang juga ramah bagi penyandang disabilitas ini, bakal dilengkapi dengan restoran, ruang VIP serta ruang ganti yang cukup mewah.

Berdasarkan Keterangan Dirut PT Jakarta Propertindo, Widi Amanasto, bajwa JIS dilengkapi dengan sounds system canggih agar dapat digunakan untuk konser-konser besar. Tujuannya, agar JIS dapat menjadi pusat pariwisata baru yang berstandar internasional.

Atap JIS seberat 3.900 ton

Pengangkatan rangka atap seberat 3.900 ton sepanjang 270 meter dilakukan secara bersamaan hingga ketinggian 70 meter. Menurut Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia, Heru Dewanto, pengangkatan struktur space truss roof JIS merupakan terbesar di dunia dan menjadi capaian heavy lifting terbaik bagi insiyur Indonesia.

Struktur atap buka tutup milik JIS ini dikatakan mirip dengan Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol Bedanya, pengangkatan atap Santiago Bernabeu hanya seberat 700 ton dan dilakukan secara bertahap.

Rumput Stadion

Rumput stadion yang digunakan adalah jenis hybrid turf, yaitu rumput campuran antara rumput alami dan sintetis.

Untuk perawatannya, PT Jakpro akan menggunakan burung kaki bayam untuk merawat rumput secara alami di lapangan latihan JIS. Burung-burung tersebut akan dilepas ketika pagi dan malam hari selama 4 jam, dengan tujuan agar burung-burung tersebut dapat membasmi hama seperti ulat dan serangga pada rumput. Sehingga, pemakaian pestisida dapat dihindari.

Lahan Parkir yang Luas dan Akses yang Mudah

Lahan parkir di Jakarta International Stadium dapat menampung hingga 800 mobil di parkir VIP dan VVIP, serta 100 bus di lahan parkir bus.

Kedepannya, stadion JIS akan dilewati jalur kereta api, LRT dan MRT agar para penonton tidak perlu membawa kendaraan pribadi sebagai wujud dari upaya pembangunan berkelanjutan.

BeritaBerita LokalJakarta

Qana

No one can make You feel inferior without Your consent.